Nasional

Presiden Jokowi Sampaikan Permohonan Maaf dan Serahkan Mandat Kepada Presiden Terpilih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2024, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat (16/08/2024). (Foto: BPMI Setpres/ Vico)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh rakyat Indonesia menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Presiden. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengakui bahwa sepuluh tahun memimpin bukanlah waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua permasalahan bangsa. Ia juga menyadari adanya kesalahan dan kekurangan selama masa kepemimpinannya.

“Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf. Kami mohon maaf,” kata Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/08/2024) pagi.

Ia menyadari bahwa hasil yang dicapai pada saat ini belum sepenuhnya tuntas ataupun sesuai dengan harapan. Namun, ia meyakini dengan persatuan dan kerja sama seluruh pihak, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Jokowi juga menitipkan masa depan bangsa kepada Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

“Pada tanggal 20 Oktober 2024, izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto. Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujar Presiden Jokowi, seraya berharap agar kepemimpinan mendatang akan diberikan petunjuk dan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Dirgahayu Republik Indonesia!
Dirgahayu Negeri Pancasila!
Merdeka!
Merdeka!
Merdeka!,” seru Presiden Jokowi mengakhiri pidato.
(
KS/MAY/TGH/FID/DNS)

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button