Kalimantan Selatan

Belajar Bersama Tari Tradisional Di Museum Lambung Mangkurat

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan menyeleggarakan Belajar Bersama Tari Tradisional sebagai upaya mengenalkan sejarah dan peninggalan kebudayaan kepada generasi muda.

Hal ini disampaikan Kepala UPTD Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan, M. Taufik Akbar bahwa Museum Lambung Mangkurat dapat menjadi wadah untuk berkreativitas seluruh kalangan.

“Kami ingin menjadikan museum sebagai tempat yang sangat leluasa untuk berekspresi dan berkarya dari seluruh cabang seni,” ucapnya, Banjarbaru.

Dirinya menerangkan mengajarkan tarian tradisional memberikan banyak manfaat, seperti diajarkan koordinasi gerak motorik antara tangan, kaki, dan tubuh seirama dengan alunan lagu. Dengan menari, tubuh menjadi lentur, sehat, serta postur tubuh menjadi lebih bagus dibanding yang tidak menari.

Akbar menuturkan, belajar bersama kali ini tidak hanya diikuti oleh para pelajar dari tingkatan SMP dan SMA, ada juga yang dari TK.

“Dalam pemberian materi, kami berkolaborasi dengan Sanggar Kayu Ulin yang sudah tidak diragukan lagi karyanya,” terangnya.

Dirinya pun berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan bakat para peserta untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian khusus ya seni tari.

“Sehingga menghasilkan regenerasi seniman tari di Kalimantan Selatan. Maka membuat seni tari dapat terus eksis,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button