AdvertorialPertanianTanah Bumbu

Pandangan Umum Fraksi DPRD terkait RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2024

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, menghadiri Rapat Paripurna (Rapurna) DPRD Kabupaten Tanah Bumbu. Yang diselenggarakan untuk membahas Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD.

Terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2024, Senin (12/08/2024).

Dalam rapat tersebut, Zairullah memberikan penjelasan menyeluruh terkait berbagai pertanyaan, saran, dan masukan dari fraksi-fraksi mengenai RAPBD Perubahan 2024.

Yaitu menanggapi pertanyaan Fraksi PDI Perjuangan mengenai peningkatan belanja dan selisih pembiayaan daerah. Zairullah menjelaskan bahwa perubahan tersebut di sebabkan oleh pengalihan anggaran sebesar Rp5 miliar menjadi penyertaan modal kepada PT. Air Minum Bersujud (Perseroda).

Fraksi PDI Perjuangan juga memberikan saran agar pemerintah melakukan pengetatan belanja guna mencegah utang di tahun anggaran berikutnya. Untuk itu Zairullah berjanji akan memantau dan mengawasi pengeluaran sesuai prioritas, serta memastikan transparansi dalam pengelolaan anggaran.

Sementara itu Fraksi Gerindra menyoroti peningkatan signifikan dalam APBD, khususnya terkait belanja modal dan infrastruktur.

Bupati Zairullah menjawab dengan menekankan pentingnya rencana kerja yang terperinci, proses pengadaan yang transparan, dan pengendalian kualitas yang ketat.

Di lanjutkan Fraksi Golkar menyatakan dukungannya terhadap RAPBD Perubahan 2024 dan mengingatkan pemerintah daerah untuk memaksimalkan realisasi anggaran.

Zairullah mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut dan menjelaskan bahwa SKPD di Tanah Bumbu telah menyiapkan perencanaan anggaran yang matang dan akan melakukan monitoring serta evaluasi berkala.

Sementara itu Fraksi PKB mengharapkan agar RAPBD Perubahan 2024 menjadi momentum untuk monitoring dan evaluasi program-program yang sedang berjalan.

Bupati tanah bumbu Zairullah menegaskan bahwa penyusunan RAPBD Perubahan 2024 telah menyesuaikan dengan prioritas daerah, dan pemerintah berkomitmen untuk merealisasikan program-program sesuai dengan target yang telah di tetapkan.

Adapun Fraksi Amanat Nasional Demokrat mengkritisi alokasi anggaran yang kurang fokus pada prioritas masalah.

Bupati Zairullah menjelaskan bahwa anggaran RAPBD Perubahan telah di fokuskan pada kebutuhan yang strategis, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Kita berharap semoga dengan upaya, kerja keras serta sinirgisitas yang terus kita bangun, kita mampu meraih cita-cita pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud,” tutup Bupati. (Fit)

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button